Minggu, 03 April 2016

Tugas SIM - PT.NESTLE INDONESIA




Bottom of Form
PROSES BISNIS PADA PT.NESTLE INDONESIA
 ________________________________________________________________________________

Informasi Perusahaan
1.  Profil Perusahaan 
Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé SA, yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Nestlé SA didirikan lebih dari 140 tahun lalu oleh Henri Nestlé, seorang ahli farmasi. Nestlé telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1971, perusahaan ini menghasilkan beragam produk Nestlé di tiga pabrik : Pabrik Kejayan, Pasuruan, Jawa Timur untuk mengolah produk susu seperti DANCOW, BEAR BRAND, dan NESTLÉ.
Moto Nestlé “Good Food, Good Life” menggambarkan komitmen perusahaan yang berkesinambungan untuk mengkombinasikan ilmu dan teknologi guna menyediakan produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dasar manusia akan makanan dan minuman bergizi, serta aman untuk dikonsumsi serta lezat rasanya. PT Nestlé Indonesia juga menetapkan motto perusahaan mereka, yaitu “Passion for Our Consumers”. Melalui motto ini, PT Nestlé Indonesia selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi konsumennya. Berdasarkan hal ini pula, PT Nestlé Indonesia menerapkan beberapa kebijakan Kualitas dan Kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Lingkungan.

2. Tipe Organisasi dan Tipe Kepemimpinan
Struktur organisasi mendefiniskan cara tugas pekerjaan dibagi, dikelompokkan dan dikondisikan secara formal. Terdapat 6 unsur yang ada ketika akan merancang stuktur organisasi, antara lain adalah spesialisasi pekerjaan, departementalisasi, rantai komando, rentang kendali, sentralisasi, desentralisasi serta formalisasi ( Robbins,2007).
Struktur organisasi yang berlaku di PT Nestlé Indonesia meliputi dua bagian, yaitu struktur organisasi di kantor pusat dan struktur organisasi di setiap pabrik. Pemegang jabatan tertinggi di PT Nestlé Indonesia adalah seorang Presiden Direktur yang mengepalai Divisi Teknikal, Divisi Keuangan, Divisi Supply Chain, Divisi Sumber Daya Manusia, Divisi Legal and Corporate Affairs, Divisi Penjualan, Divisi Infant Nutrition, Divisi Dairy Products, Divisi Coffee and PPP (Popularly Position Products), Divisi Confectionery, Divisi Nestlé Profesional, Divisi Liquid Products, Divisi Pelayanan Penjualan, serta Divisi Global. Presiden direktur bersama masing – masing pimpinan divisi disebut sebagai Management Committee (Macom).
Dari Struktur Organisasi PT Nestlé Indonesia cabang Cikupa, Banten,  menggunakan struktur organisasi birokrasi atau mekanistik. Struktur organisasi ini dicirikan berdasarkan tugas - tugas operasi yang sangat rutin yang dicapai melalui spesialisasi masing- masing divisi.
PT Nestlé Indonesia dipimpin oleh seorang manajer pabrik yang membawahi beberapa departemen, yaitu :

  • FICO (Finance and Control),

  • HR (Human Resource),

  • Engineering,

  • QA/AG (Quality Assurance/Aplication Group),

  • Produksi,

  • RPU (Resource Planning Unit),

  • IP-OD (Industrial Performance-Operational Development), dan

  • Training and SHE (Safety, Health, and Environment).

Divisi - divisi tersebut melakukan pekerjaannya sesuai dengan spesialisasi masing - masing dan tugas - tugas yang ada akan dikelompokkan ke dalam departemen - departemen fungsional.

Berikut akan dijabarkan satu persatu fungsi dan tugas masing-masing departemen.
-       Tugas umum dari finance adalah menghasilkan laporan keuangan rutin, memperkuat kontrol internal dan melindungi aset. Sedangkan fungsi khusus adalah sebagai financial advisor untuk tim manajemen pabrik, menghasilkan laporan analisa, rekomendasi dan keputusan terbaik untuk pabrik.
-       Departemen Human Resource berfokus pada pelatihan dan pengembangan karyawan melalui penyediaan fasilitas pelatihan. Selain itu, HR juga mengatur pengadaan tenaga kerja baru baik permanen, kontrak maupun out sourcing.
-       Engineering bertanggung jawab menjaga aset perusahaan seperti alat-alat produksi, agar dapat berfungsi secara optimal. Departemen ini juga bertanggung jawab atas penyediaan dan penggunaan energi selalu dalam keadaan aman efisien dan ramah lingkungan.
-       Departemen Quality Assurance memiliki tugas pokok yaitu menjamin kualitas produk sesuai dengan standar. Selain itu, mereka juga wajib meningkatkan tanggung jawab seluruh karyawan pabrik terhadap sistem manajemen mutu. Departemen Aplication Group mempunyai tugas melakukan penelitian dan pengembangan produk berupa desain kemasan, formulasi dan jenis produk, serta optimasi proses produksi.
-       Tanggung jawab RPU adalah mengatur rencana produksi rutin dan mengatur penyediaan bahan baku hingga mendistribusikan produk jadi kepada para distributor.
-       Departemen Produksi bertugas untuk menghasilkan produk sesuai rencana dengan waktu dan biaya yang efisien serta mutu yang sesuai dengan standar.
-       IP-OD memiliki tiga fungsi utama yaitu mendukung operasional, mengubah dan memperbaiki manajemen, dan melakukan manajemen peningkatan pengetahuan dan pengembangan karyawan.
-       Departemen SHE memiliki tugas memastikan kondisi kerja dalam keadaan yang aman bagi kesehatan karyawan dan menjaga lingkungan sekitar pabrik dari pencemaran dengan mengikuti peraturan – peraturan yang berlaku dari pemerintah.

Dengan struktur organisasi mekanistik ini, PT Nestlé Indonesia mempunya wewenang desentralisasi dimana anggotanya memiliki hak suara penuh dalam rapat anggota, sehingga pemegang saham atau anggota turut menentukan jalannya perusahaan tersebut. Struktur oragnisasi mekanistik juga dapat menguntungkan perusahaan karena dapat bertahan dengan lama  sebab penempatan setiap karyawan telah disesuaikan dengan peraturan, dan relative tidak fleksibel. Selain itu juga PT Nestlé Indonesia dapat menggambarkan hubungan - hubungan wewenang, kekuasaan, akuntabilitas, dan pertanggungjawaban .  kekuatan utama pada PT Nestlé Indonesia yang menggunakan struktur organisasi birokras i/ mekanistik adalah terletak pada kemampuannya menjalankan kegiatan terbakukan yang sangat efisien dengan pengelompokkan berbagai bidang keahlian yang sama ke dalam departemen- departemen fungsional. 

Proses Bisnis
Salah satu proses bisnis Nestle Indonesia untuk produk kategori Kembang Gula & Coklat yaitu KitKat. Seluruh produk KitKat yang dijual dan dipasarkan oleh PT. Nestle Indonesia. Produk KitKat diproduksi oleh Nestle Malaysia. Tetapi untuk beberapa produk Nestle ada yang diproduksi langsung di Indonesia misalnya produk kategori kopi.
Proses bisnis utama PT. Nestle Indonesia untuk produk KitKat adalah sebagai berikut :
·            Inbound Sales Logistic
Proses penerimaan produk KitKat dari Malaysia, menyimpan, dan distribusi dalam gudang.
·            Outbound Sales Logistic
Proses mendistribusikan dan memberikan service produk ke beberapa distributor point yang ada di seluruh Indonesia.
·            Operation
Proses operasi dari produk diterima digudang sampai produk dikirim ke beberapa distributor point produk KitKat.
·            Marketing
Kegiatan menghimpun, mengajak, mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk KitKat.
·            Sevices
Dukungan produk KitKat terhadap pelanggan yang mana di Indonesia dilayani melalui sahabatnestle.co.id

Untuk proses bisnis pendukung utama PT. Nestle Indonesia untuk produk KitKat adalah sebagai berikut :
·                     Procurement
Proses pengadaan sumber daya untuk kegiatan produksi, seperti pengadaan bahan baku, mesin, tenaga kerja dan lain sebagainya.
·                     Human Resource
Proses seleksi dan rekrutmen calon pekerja untuk perusahaan PT. Nestle Indonesia.
·                     Technology Development
Proses untuk mengimprove perusahaan PT. Nestle Indonesia
·                     Firm Infrastructure
Infrastruktur perusahaan yang mendukung proses operasi perusahaan secara keseluruhan.

 
CORE PROCESS
1.  Indound Sales Logistic
1.1  Menerima barang dari supplier ke perusahaan
1.1.1    Menyiapkan dokumen pemesanan
1.1.2   Verifikasi dokumen pengiriman barang
1.1.3   Konfirmasi barang ke supplier
1.2  Mengidentifikasi barang yang datang ke perusahaan dari supplier
1.2.1   Pengecekan kesesuaian barang
1.2.2   Verifikasi barang masuk
1.2.3   Membuat berita acara masuk
1.3  Mengirim barang ke penyimpanan di gudang perusahaan
1.3.1   Pengecekan berita acara masuk
1.3.2   Penyimpanan barang

2. Outbond Sales Logistic
2.1  Penyusunan pengiriman barang ke distributor
2.1.1   Membuat berkas pengiriman barang
2.1.2   Membuat jadwal pengiriman
2.1.3   Penjadwalan armada pengiriman
2.1.4   Pengirimkan barang ke distribution point
2.1.5   Pengawasan pengiriman barang
2.2  Identifikasi status pengiriman barang
2.2.1   Konfirmasi jadwal pengiriman
2.2.2  Membuat berita acara status pengiriman barang

3. Operation
3.1  Permintaan dan penawaran barang
3.1.1   Peramalan demand
3.1.2   Laporan status persediaan 
3.2  Proses administrasi barang
3.2.1   Persyaratan penerimaan barang
3.2.2  Kriteria penerimaan barang
3.3  Proses pengendalian
3.3.1   Pengendalian biaya
3.3.2  Pengendalian operasional
3.3.3  Pengendalian peronalia

4. Marketing
4.1  Analisis pasar
4.1.1   Riset pasar
4.1.2   Analisis kompetitor
4.1.3   Analisis market share
4.1.4   Analisis swot
4.2  Penyusunan program pemasaran
4.2.1   Perencanaan tujuan pemasaran
4.2.2  Penyusunan strategi pemasaran
4.2.3  Pembuatan jadwal pemasaran
4.2.4  Perencanaan media pemasaran
4.2.5  Perhitungan biaya pemasaran
4.2.6  Perhitungan ketersediaan produk pasar
4.3  Pelaksanaan program pemasaran
4.3.1   Setup sumber daya
4.3.2  Pelaksanaan proses pemasaran
4.4  Controlling proses pemasaran
4.4.1   Pengawasan proses pemasaran
4.4.2  Pengukuran performansi pemasaran
4.4.3  Identifikasi goal

5. Service
5.1  Pre sales services
5.1.1   Penawaran kembali
5.1.2   Profiling pelanggan
5.2  After sales services
5.2.1   Promo
5.2.2  Call Center Suara Konsumen


REFERENSI

1 komentar:

  1. Casino Queen Queen - MapyRO
    Casino 김해 출장마사지 Queen. Hotel. Queen Queen Casino Queen. 안동 출장마사지 3131 Queenstown. Davenport, 공주 출장샵 IA 60415. Map. Hotel. Rating: 4.6 · 구미 출장샵 ‎5 경주 출장마사지 reviews

    BalasHapus